Nestapa Negeriku, Indonesia |Andai Saya Menjadi Anggota DPD RI|


Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan sekitar 17.000 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Hal tersebut membuat Indonesia memiliki kekayaan alam yang beragam di masing-masing daerah, baik berupa hasil tambang ataupun hasil bumi yang melimpah. seperti yang terlihat di daerah Malang, Jawa Timur. Daerah tersebut merupakan salah satu daerah yang mempunyai hasil bumi terbesar dan cukup beragam di Jawa Timur diantaranya: Apel, Durian, Semangka dan masih banyak lainnya.

Indonesia

Tapi sayang, pengelolaan hasil tambang dan bumi itu sebagian besar banyak dikelola oleh Individu ataupun investor asing yang melihat banyak peluang dalam sektor ini. Padahal jika dilihat, penghasilan yang didapat dari hasil tambang ataupun bumi di Indonesia tidaklah kecil. Seperti yang terjadi di daerah Papua dimana tambang emas yang begitu besar dikelola oleh investor dari negara lain dan Indonesia hanya memperoleh sedikit bagian dari hasil yang begitu besar.

Bagaimana jika semua itu dapat dikelola oleh Pemerintah Indonesia ? Mungkin sedikit banyak kesejahteraan rakyat di Indonesia dapat berjalan dengan baik dan setara. Hal ini dapat dimulai dengan penanganan DPD di masing-masing daerah terkait dengan pengelolaan hasil tambang itu sendiri. Seandainya saya menjadi anggota DPD RI, mungkin saya akan mencanangkan hal-hal berikut ini:

  • Pertama, memperbaiki sistem pengelolaan hasil tambang dan hasil bumi di daerah-daerah yang menjadi wilayah kepemimpinan.
  • Kedua, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan mengadakan program pelatihan pengolahan hasil tambang dan bumi secara berkala di masing-masing daerah.

Menurut saya dua hal diatas bisa menjadi program kerja yang baik untuk meningkatan pendapatan maksimal untuk hasil tambang yang ada di Indonesia pada umumnya dan meningkatkan kesejahteraan rakyat pada khususnya. Selain itu, jika dua hal diatas dapat terealisasikan, bisa membuktikan Indonesia sebagai Zamrud Khatulistiwa di wilayah Asia Tenggara.

    • ~~ Ilham a.k.a Cspaxe ~~
    • Desember 30th, 2011

    jujur, saya lebih suka jadi manusia biasa 🙂

  1. seperti kata pak Amin Rais, bubarkan aja freeport, serahkan pada generasi muda Indonesia, dan sebenarnya kita mampu mengolah sendiri, mungkin sekarang belum secanggih teknologi luar, tapi dengan pengembangan SDM bukan tidak mungkin teknologi kita bisa setara atau malah lebih canggih

    • iyas mas..
      harusnya Indonesia mengembangkan Sumber Daya Manusia yang banyak ini..

      siapa tau, suatu saat, generasi muda indonesia bisa berjalan melampaui apa yang kita pikirkan

    • zam anharaz
    • Desember 30th, 2011

    spndek pngetahuan saya, papua dgn PT. Freeport yg diolah oleh asing,bukanlah krn indonesia tak bisa mngelola. namun sblumnya, itu sebab kecelakaan sejarah dmn ngra kta indonesia prnh brhutang pd luar. di saat ngra kita trjadi krisis (yah, somethng like that), luar, main politik dgn kelicikannya. mrka memandng dan menego indonesia agar bsa ambil papua utk byar utang indonesia.
    mngenai indonesia mengelola dirinya, mnrut sya yg jd masalah, org2 di dlamnya yg prlu ditilik. butuh bnyak yg kompeten utk bisa mngelola kayanya ngeri ini

    • lantas ? kita tak harus menyalakan sejarah bukan ? toh, kita bisa membuat sejarah yang lebih baik untuk negeri kita tercinta ini !

  2. begitu juga dengann bidang agrarisnya.. andai pemerintah menangani dg serius pertanian negara ini dan tidak hanya mengandalkan import saja. rakyat akan makmur, dan kemahalan kebutuhan pokok pun akan bisa teratasi. kurang tegasnya negara ini, kita lihat penduduk china, mskipun memiliki penduduk terpadat, tapi china tetap bisa mengatur dan mengendalikan penduduknya agar bisa hdup makmur.

    • sebetulnya perubahan itu dapat dijalankan perlahan dari berbagai aspek mbak..

      toh intinya sama saja, SDM indonesia harus lebih mumpuni dalam berbagai bidang..

    • zam anharaz
    • Desember 31st, 2011

    sya cuman meluruskan saja mngenai itu.
    skrg, jk mau mencetak sjrah baru yg great buat negeri ini, sya kira dri rakyatnya trlebih dahulu. dibenahi tingkah dan kompetennya pd org2 di dlm indonesia

  3. wah, aku juga ikut lomba ini…
    tapi mo ikutan yg tweetnya aja… hehe :mrgreen:

  4. Datang hanya ingin mengucapkan.
    Selamat Tahun Baru 2012 mas bro.
    Semoga Tahun 2012 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
    Salam persahabatan selalu.

  5. wah, ini artikel untuk kompetisi ‘kan? moga menangggg 🙂

  6. wahh keren.. moga menang iia kang 🙂

    Semoga apa yang kita cita-citakan, dapat terwujud di tahun 2012

  7. iyaaa, moga menangggg
    dan makasih setuju saling follow yaaaa 🙂

  8. Ya salah satunya Nasionalisasi Industri Nasional,bisa jadi solusi untuk mendayagunakan hasil-hasil tambang yang kepemilikannya masih banyak dikuasai oleh asing di negeri Indonesia.keep posting deh….

    • jarz
    • Januari 4th, 2012

    semoga anda bisa anggota DPR dan memberikan yang terbaik buat bangsa INDONESIA ..

    • Wah..
      Perjalanan hdur saya msh panjang mas..

      Tp kalo diberi kesempatan, saya akan berusaha..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan celoteh anda kawand